Calon Santri Baru Gelombang I Didominasi Luar Jember

SEGERA TES MASUK: Pelaksanaan tes santri baru SMKIT Ibnu Katsir (Ibka) Jember tahun lalu.

 

SMKIT Ibka Jember di Rembangan akan segera melakukan tes gelombang I penerimaan santri baru tahun ajaran 2018/2019. Pelaksanaan tes sedianya dilakukan pada Sabtu 20 Januari mendatang di kompleks SMKIT Ibka di Rembangan.

Menurut Ustadz Mochammad Farchan, untuk calon santri akan menjalani tes kemampuan akademik, hafalan Alquran, dan bahasa Arab. “Sedangkan untuk orang tua juga akan diundang saat tes. Kami akan melakukan wawancara dengan orang tua. Tujuannya untuk mengetahui komitmen orang tua terhadap anaknya dan tujuan serta harapan mereka memasukkan anaknya ke SMKIT Ibka,” terangnya.

Dalam tes tersebut, kata dia, calon santri akan menjalani psikotes secara bersamaan. Setelah itu, mereka menjalani tes baca Quran dan hafalan dengan musyrif dan musyrifah SMKIT. “Sedangkan orang tua mengisi kuisioner dan dilanjutkan dengan wawancara dengan tim SMKIT,” ujarnya.

Hasil tes, menurut Ustadz Farchan, akan diumumkan beberapa hari kemudian. Bagi yang diterima, dilanjutkan dengan proses daftar ulang.

Yang menarik, ungkap dia, peserta tes di gelombang I mayoritas adalah calon santri dari luar Jember. Mereka datang dari berbagai daerah, antara lain Sidoarjo, Lumajang, Mojokerto, Probolinggo, bahkan Bogor. “Yang dari Jember biasanya ikut gelombang II pada Maret nanti,” tutupnya. (*)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *