Siswa SMKIT Ujian Tasmi’ Quran Bulanan

PARA siswa SMKIT Ibnu Katsir (Ibka) Jember mulai 30 November sampai 3 Desember 2017 menjalani ujian tasmi’ dan musabaqah Quran bulanan. Mereka harus membaca hafalan Quran yang dicapainya di depan musyrif masing-masing halaqah Quran.

Pelaksanaan ujiani tasmi’ dan musabaqah bulanan itu dilaksanakan di Masjid Quran Rembangan di Jl Wisata Rembangan Km 7 Arjasa. “Semua siswa, baik putra maupun putri, wajib mengikuti agenda bulanan ini,” ujar Ustadz Farchan, kepala SMKIT Ibka Jember.

Tasmi’ dan musbaqah ini, lanjut dia, merupakan instrumen sekolah untuk mengevaluasi hafalan para siswa. Bagi siswa, kegiatan ini juga menjadi sarana muroja’ah atau mengulang hafalan yang sudah dimilikinya.

Teknisnya, jelas Ustadz Farchan, setiap siswa menyetorkan hafalannya kepada musyrif masing-masing. Standar untuk dinyatakan lulus ujian adalah maksimal jali 1 tiap 4 halaman. “Untuk tanggal 1 Desember dilaksanakan musabaqah siswa. Apresiasi siswa dengan hafalan terbaik akan dilaksanakan tanggal 3 Desember setelah shalat Isya,” tutupnya. (*)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *